Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya
Penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya © onpoin.com

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya – Di zaman modern ini, penggunaan komputer sangat banyak membantu berbagai pekerjaan sehari-hari.

Sebelum adanya laptop, orang menggunakan personal komputer berupa desktop yang besar dengan (cpu) central prosesor unit & monitor yang terpisah untuk mengolah berbagai data, membuat dokumen dan lainnya.

Namun saat ini, telah banyak yang beralih menggunakan laptop. Fungsinya yang tidak banyak berbeda dengan desktop, membuat laptop jadi pengganti desktop karena laptop/notebook ini mobile (praktis dibawa bepergian).

Selain untuk bekerja, laptop bisa kita fungsikan untuk bermain game. Tapi tidak semua laptop bisa menjalankan game tertentu (game-game berat). 

Banyak sekali alasan seseorang menggunakan laptop daripada desktop salah satunya karena laptop lebih praktis dan enak buat dibawa kemana-mana.

Kelebihan lain dari laptop jika dibandingkan dengan komputer yaitu lebih hemat listrik.

Namun laptop juga sering bermasalah ketika dipakai misalnya sering lemot.

Penyebab laptop lemot ada beberapa kemungkinan. Masalah paling sering dari laptop lemot karena kapasitas RAM kecil dan penyimpanan hardisk penuh.

Selain masalah memori penyimpanan, laptop sering lemot bisa juga karena ada aplikasi atau software yang menghambat kinerja laptop kita, berikut penjelasan detailnya.

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

1. Laptop Lemot karena RAM

Mungkin kamu waktu membeli laptop tertarik dengan penawaran harga laptop murah. Pada dasarnya harga menentukan spesifikasi laptop, jadi semakin murah maka kemungkinan performa juga seadanya.

Kalau laptop kamu hanya memiliki RAM kisaran 2 GB sampai 4 GB jangan kaget kalo tiba-tiba jadi lag ketika dipakai, terutama saat dibuat browsing dengan membuka banyak Tab maka pasti lemot banget.

Cara Mengatasinya:
Mengatasi RAM laptop yang kecil bisa kita upgrade dengan mengganti RAM dengan ukuran lebih besar.

Untuk harganya bisa kalian lihat di Internet, jika tidak tau cara mengganti RAM laptop lebih baik bawa saja ke tukang komputer biar tidak ribet dan menghindari resiko kesalahan.

Selain mengganti RAM, cara lain yang dapat dicoba yaitu memakai RAM eksternal sehingga tidak usah membongkar laptop.

Berikut ini adalah berbagai cara menambah RAM laptop. Baca: 3 Cara Menambah RAM Laptop

Kalau kamu tidak punya modal untuk membeli RAM baru silahkan gunakan laptop tersebut dengan semestinya.

Maksudnya kita harus mengurangi kinerja RAM laptop dengan membuka aplikasi tidak terlalu banyak, dengan begitu laptop kita akan bekerja dengan baik.

Banyak juga loh orang yang belum mengetahui hal ini, terutama para cewek yang suka membuka banyak sekali aplikasi pada laptopnya padahal kapasitas RAMnya kecil.

Poin: Ram kecil jangan terlalu banyak membuka aplikasi pada saat bersamaan. Jangan menginstal program yang berat, seperti salah satunya software render video.

2. Antivirus Membuat Laptop Lemot

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata antivirus? Kebanyakan berpikir tentang sebuah aplikasi yang bisa mencegah adanya virus yang sudah ada ataupun yang berusaha memasuki laptop.

Namun tidak semua antivirus itu bagus loh, ada beberapa antivirus yang sangat memberatkan laptop kita apalagi kalau penggunaan aplikasi antivirus berjalan otomatis.

Tidak jarang laptop kita jadi lemot padahal hanya dipakai buat ngetik saja.

Nah biasanya Antivirus mendeteksi adanya virus yang masuk dan mengatasi masalah tersebut.

Namun fakta yang terjadi sebenarnya Antivirus bisa menghambat kinerja laptop soalnya menjalankan antivirus tersebut sangat berat bagi RAM laptop.

Cara Mengatasinya:
Kalau kalian menggunakan Antivirus bajakan sebaiknya hapus saja karena sangat berbahaya bagi laptop. Bukan hanya membuat laptop lemot tetapi antivirus bajakan bisa menjadi sebuah virus yang dapat membuat file kita tidak bisa dibuka ataupun dijalankan.

Kalau ingin menggunakan antivirus sebaiknya beli yang original.
Baca: Antivirus Terbaik untuk Laptop

3. Windows Update Dapat Membuat Laptop Lemot

Windows Update adalah tahap untuk memperbarui sistem operasi pada laptop dan komputer. Namun tidak banyak yang menyadari kapan Windows Update terjadi terutama untuk generasi Windows 7.

Ketika terjadi update windows tentu laptop kamu akan lemot, kok bisa? Ibaratnya begini “ketika kita orang lagi makan sambil berlari maka akan lebih capek dan susah” jadi sebaiknya tunggu hingga proses Windows Update selesai baru kita gunakan lagi laptop tersebut.

Cara Mengatasinya:
Untuk mengatasi masalah ini bisa juga dengan mematikan fitur Update Otomatis Windows.

Cara mematikan Windows Update,

  • Windows 7 Control Panel -> Security -> Windows Update -> System Security -> Change settings -> Never check for updates (not recommended) -> OK.
  • Windows 10 Control Panel -> System and Security -> Administrative Tools -> Services -> Windows Update -> Ganti Startup menjadi Disabled -> OK.

Poin: Dengan mematikan Windows Update kita bisa mengurangi resiko terjadinya laptop lemot saat kita terhubung dengan internet.

Selain itu Windows Update juga membutuhkan koneksi internet sehingga untuk melakukannya kamu butuh sambungan data internet. Kalau memakai WIFI pasti tidak jadi masalah tapi kalau buat kamu yang pakai data kartu simcard pasti boros kuota. Jadi tidak usah di update dulu, tunggu sampai punya koneksi wifi gratisan saja :-).

4. Hardisk Bermasalah

Penyebab laptop lemot selanjutnya yaitu masalah hardisk.

Pada permasalahan ini dibagi menjadi dua, yang pertama hardisk sudah tidak bekerja dengan maksimal karena adanya kerusakan, sedangkan masalah kedua yakni kapasitas hardisk yang sudah penuh.

Kala penyimpanan hardisk terlalu penuh hal ini berpengaruh terhadap performa dan akhirnya laptop menjadi lemot.

Cara Mengatasinya:
Agar laptop kamu tidak lemot lagi tentu harus menghapus file yang ada pada laptop. Jika kamu merasa file tersebut sangat penting silahkan pindahkan saja ke flashdisk atau jenis memory lainnya.

Setelah semua file penting dipindahkan lalu file yang ada di laptop tadi kalian hapus saja, dengan begitu performa laptop bisa berjalan dengan baik.

Jangan lupa juga untuk mengosongkan folder download untuk mengurangi penyimpanan harddisk. Biasanya ketika kita mendownload sesuatu dibiarkan saja pada Program C sehingga banyak file yang tidak terpakai dan menumpuk. Hal ini juga sangat berpengaruh untuk mengurangi laptop lemot.

Poin:

  • Memakai hardisk eksternal.
  • Upgrade kapasitas hardisk dengan mengganti, atau menambah hardisk (khusus laptop yang ada slot dvd room). Atau menambah kapasitas penyimpanan dengan ssd.

Tips sebelum menambah hardisk cek drive C terlebih dahulu, apakah ada folder Windows old.

Folder ini menjadikan laptop lemot jika sampai menjadikan drive C penuh, karena ukuran windows old ini hingga puluhan gigabyte.

Maka jika ada folder tersebut bisa dihapus. Baca: Cara Menghapus Windows Old

5. Software

Software pada laptop sering digunakan untuk membantu kinerja laptop tetapi ada sebagian software yang bisa memberatkan laptop.

Biasanya software tersebut dijalankan secara otomatis, jadi walaupun laptop kita tidak dipakai maka software itu berjalan dengan sendirinya. Inilah faktor yang menyebabkan laptop lemot.

Cara Mengatasinya:
Mengatasi masalah laptop lemot yang disebabkan oleh software tinggal uninstall saja.

Untuk melakukannya tinggal pergi ke menu Control Panel pilih Programs lalu Programs and Features.

Selanjutnya akan muncul list software yang terinstall pada laptop kamu, pilih dan uninstall software yang tidak penting.

Ukuran software yang biasanya terinstall di program C tentu berpengaruh pada laptop. Semakin besar ukurannya dapat mengakibatkan laptop menjadi lemot.

Poin: 

  • Beberapa aplikasi atau software bisa dimatikan (pembahasan cara mematikan program yang otomatis berjalan ada di artikel lain)
  • Uninstall/hapus program/aplikasi jika memang tidak dibutuhkan.

6. Driver Laptop

Kemungkinan terjadi lemot pada laptop juga bisa diakibatkan oleh driver yang tidak berfungsi lagi. Fungsi driver ini sangat penting, karena sebagai jembatan antara hardware dan software.

Silahkan cek update satu-persatu driver laptop kamu lalu download driver yang dibutuhkan.

Mengecek kembali driver laptop merupakan pekerjaan penting karena driver yang awalnya baik-baik saja bisa jadi bermasalah sehingga butuh di Install kembali. Saat membeli laptop baru biasanya sudah ada paket driver dengan CD atau DVD sehingga kamu tidak perlu download driver yang dibutuhkan.

Poin: Pastikan menginstall driver yang cocok, cara install driver akan dijelaskan dalam artikel lain.

Penyebab laptop lemot yang onpoin.com bahas di atas adalah masalah yang paling sering terjadi pada pengguna laptop. Jika ada yang mengalami masalah selain hal-hal di atas boleh menambahkan komentar dibawah untuk kita bahas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *