Cara Update Windows 10

  • Whatsapp
cara update windows 10 tanpa menghapus data
Cara update windows 10

Windows 10 merupakan Windows keluaran terbaru dengan banyak fitur-fitur baru yang ditambahkan didalamnya. Bagi kamu yang terbiasa dengan penggunaan komputer, kamu tidak akan kesulitan untuk melakukan update. Tetapi jika kamu pemula mungkin kamu akan kesulitan.

Sistem operasi pada Windows 10 telah banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Windows 10 ini dirilis oleh perusahaan Microsoft pada tahun 2015. Pada bulan April di tahun 2018 Microsoft sudah melakukan update versi final pada Windows ini.

Maka dari itu bagi kamu yang belum melakukan update pada Windows versi final. Onpoin.com kali ini akan memberikan cara update Windows 10 tanpa menghapus data dengan mudah.

Keuntungan yang kamu dapat jika kamu update Windows 10 kamu yaitu komputer akan bekerja dengan optimal. Nah, disarankan bagi kamu untuk melakukan update pada Windows 10 dengan cara yang benar. Dengan kamu melakukan update, akan ada fitur keamanan bagi pengguna yang menggunakan internet secara online.

Apabila kita sering melakukan update akan ada peningkatan kualitas secara keseluruhan. Dengan hal tersebut juga, akan ada tambahan fitur dan aplikasi baru yang bisa kita gunakan.

Bagi kamu yang masih belum aktivasi windows mu bisa membaca cara aktivasi windows 10.

Update Windows 10 bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Kamu bisa menggunakan Media Creation Tool, Update Assistant, dan Windows Update (manual).

Cara Update Windows 10

Berikut 3 cara update Windows 10 yang akan onpoin.com uraikan.

Menggunakan Media Creation Tool

Media Creation Tool merupakan salah satu aplikasi yang bisa dijadikan media untuk update Windows 10. Dengan aplikasi ini juga kita bisa meng-install Windows 10.

Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan Media Creation Tool untuk update Windows 10:

  1. Pertama download Media Creation Tool. Kemudian install aplikasi tersebut.
  2. Tetapkan sistem kamu yaitu 32 bit atau 64 bit.
  3. Kemudian buka dan akan muncul pertanyaan pada tampilan layar. Pilih Upgrade PC Sekarang, lalu klik Next untuk melanjutkan proses download file Windows 10.
  4. Jika file telah terdownload, lalu muncul jendela License terms dan pilih Accept.
  5. Selanjutnya akan muncul jendela dengan tulisan Ready to install, lalu klik tombol install.
  6. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga proses update selesai.

Untuk install windows 10 menggunakan media creation tool bisa membaca cara instal windows 10 dan cara instal ulang windows 10.

Menggunakan Update Assistant

Pilihan kedua yang bisa kamu lakukan untuk Update Windows 10 yaitu dengan menggunakan Update Assistant.

Update Assistant adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengunduh dan menginstal pembaruan fitur pada perangkat kamu. Dengan adanya pembaruan fitur, maka akan mengamankan sistem yang ada pada komputer.

Untuk proses yang satu ini kamu dianjurkan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Agar data-data yang kamu miliki tidak hilang saat melakukan proses update.

Karena ukuran aplikasi sekitar 2-4 gb, kamu disarankan untuk menggunakan jaringan Wifi. Dengan kamu menggunakan kuota internet, hal ini akan memakan banyak kuota akibat ukuran aplikasi yang besar.

Di bawah ini langkah-langkah menggunakan Update Assistant:

  1. Download Update Assistant versi terbaru 5.47 MB.
  2. Setelah selesai di download, lalu kamu install aplikasi tersebut.
  3. Buka aplikasi dan klik dua kali pada Update Assistant.
  4. Kemudian klik ‘Update Now’
  5. Lalu muncul jendela berisi tentang keterangan tentang kompatibilitas PC/laptop kamu. Kemudian klik Next untuk melanjutkan proses download.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai dan update Windows 10 pun selesai.
  7. Terakhir kamu akan diminta untuk merestart komputer. Klik ‘Restart Now’ untuk memulai proses restart.

Menggunakan Windows Update

Cara yang ketiga yaitu dengan menggunakan Windows update. Walaupun pembaruan akan dilakukan secara otomatis pada Windows 10. Akan tetapi, kamu bisa menjalankan sendiri aplikasi tersebut.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pembaruan yang perlu dilakukan pada perangkat. Software ini bisa jadi salah satu pilihan bagi kamu untuk update Windows 10.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, Klik start menu, lalu ketikkan kata ‘Windows Update’ pada kolom pencarian.
  2. Klik Windows Update, lalu arahkan kursor pada link sebelah kiri dan klik link pada menu change.
  3. Selanjutnya, ubah pengaturan dan klik Ok.
  4. Setelah itu restart PC/laptop kamu dengan klik ‘Restart Now’.
  5. Kemudian buka kembali Windows Update.
  6. Klik Check for updates, untuk mencari update atau pembaruan yang ada pada komputer kamu.
  7. Berikutnya, jika tidak update yang harus dilakukan. Maka pembaruan telah berhasil dilakukan.

Cara Mengatasi Masalah Gagal Update Windows 10

Nah, apabila kamu sudah melakukan update Windows 10 tetapi kamu gagal update. Hal ini memang terkadang terjadi pada sebagian orang. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kamu gagal update Windows 10. Salah satunya yaitu karena error database update. Karena Windows 10 ini memang versi yang sering melakukan update.

Dalam setahun ada dua kali pembaruan besar yang harus kamu lakukan dan dalam sebulan akan beberapa kali melakukan pembaruan kecil. Untuk itu bagi kamu yang sering mengalami masalah gagal update. Untuk itu di bawah ini ada beberapa cara mengatasi gagal update pada Windows 10.

Menghapus File Temporary (file sampah)

Bagi kamu yang sering melakukan update maupun install Windows, data-data lama tersebut akan tetap tersimpan pada komputer. File-file yang tersimpan tersebut akan terus menumpuk sehingga menjadi sampah. Hal inilah yang sering disebut file temporary atau file sampah.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan yang bisa kamu lakukan untuk menghapus file temporary. Pertama kamu bisa menggunakan software dan yang kedua kamu bisa melakukannya secara manual. Jika kamu memutuskan menggunakan software maka hal tersebut cukup mudah dilakukan. Biasanya software akan mendeteksi file-file sampah, kemudian kamu tinggal menghapus file tersebut.

Sedangkan untuk cara manual kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu setting, lalu pilih System > Storage.
  • Kemudian pilih partisi sistem pada bagian sebelah kanan atau Local Disk C.
  • Setelah itu, pilih temporary files, lalu pilih Remove files.

Update Secara Manual

Kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gagal update yaitu dengan melakukan update secara offline.

Langkah-langkah yang harus kamu lakukan yaitu:

  • Download file update pada situs resmi Microsoft
  • Ketikan nomor build atau nomor seri yang akan kamu download.
  • Setelah itu, pilih jenis bit sesuai dengan PC/laptop kamu. Misalnya kamu menggunakan komputer 32 bit maka kamu pilih bit yang sama dengan jenis komputermu.
  • Terakhir, install file tersebut jika sudah selesai didownload.

Melakukan Reset pada Komputer

Selanjutnya untuk mengatasi gagal update, kam bisa mereset komputer kamu. Namun, hal ini bisa mengakibatkan file yang tersimpan pada komputer kamu akan terhapus. PC/laptop kamu pun akan bersih dan kembali seperti baru.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan backup terlebih dahulu. Agar data-data penting yang kamu miliki tidak ikut terhapus.

Simak langkah mereset komputer di bawah ini:

  • Pertama, masuk ke menu setting. Lalu pilih ‘Update & Security’.
  • Kemudian, pilih ‘Recovery’
  • Lalu akan muncul dua pilihan yaitu Reset this PC dan Advance startup. Pilih Reset this PC.
  • Setelah itu, isikan jenis bahasa dan keyboard yang ingin kamu gunakan.
  • Selesai.

Jika kamu memiliki masalah dalam melakukan update pada Windows 10. Ketiga cara diatas semoga bisa memudahkan kamu untuk mengatasi gagal update.

Bagi kamu yang ingin update Windows 10 dengan cepat dan mudah. Penjelasan di atas bisa kamu praktekkan di rumah dengan mudah. Dengan kamu melakukan update Windows, tentunya kamu memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya yaitu PC/ laptop kamu memiliki keamanan yang lebih sehingga dapat terhindar dari virus.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *