Cara Membuat Grafik di Word dan Excel

  • Whatsapp
cara membuat grafik di word
Cara membuat grafik di word © onpoin.com

Cara Membuat Grafik di Word dan Excel – Grafik adalah suatu alat untuk menyajikan data atau informasi dalam bentuk garis, batang, dan lain sebagainya.

Seiring berkembangnya teknologi, membuat grafik tidak perlu dilakukan secara manual lagi, tetapi dengan bantuan komputer semua menjadi lebih cepat dan pasti.

Dengan bantuan Microsoft Word atau Microsoft Excel kita bisa membuat sebuah grafik dengan cepat dan rapih.

Dalam membuat grafik di Microsoft Word tentunya ada berbagai tipe grafik yang bisa kamu sesuaikan dengan data yang ingin kamu sampaikan.

Karena setiap tipe memiliki kegunaan yang berbeda-beda, maka kamu harus bisa membedakannya agar grafik yang dihasilkannya pun bagus dan efektif.

Selain itu juga data pada grafik yang dibuat harus memudahkan pengguna untuk membacanya. Pastikan kamu memilih grafik sesuai dengan jenis data yang akan kamu buat.

Pada artikel kali ini, onpoin.com akan membahas bagaimana cara membuat grafik di Microsoft Word atau Microsoft Excel.

Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat Grafik di Word

1. Membuat grafik di Microsoft Word 2013

Untuk kamu yang menggunakan Microsoft Word 2013 dan ingin menyajikan sebuah data dalam bentuk grafik, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini;

  1. Buka Microsoft Word 2013
  2. Pilih tab Insert pada menu bar di Microsoft Word, lalu muncul tab dengan berbagai pilihan Chart, kamu pilih sesuai kebutuhan.
  3. Setelah itu muncul berbagai pilihan grafik, kamu pilih kategori grafik yang kamu inginkan.
  4. Kemudian klik Ok.
  5. Lalu muncul Spreadsheet beserta grafik dan data yang akan muncul adalah data yang akan kamu rubah menjadi data milikmu.
  6. Selanjutnya masukkan data ke dalam Spreadsheet sehingga data kamu akan muncul pada sebuah diagram.
  7. Langkah terakhir, apabila kamu telah selesai tekan tombol close ( X ) untuk menutup Spreadsheet.

Adapun bila kamu ingin mengubah tampilan grafik (chart) menjadi lebih menarik di Microsoft Word. Ada cara yang bisa dilakukan seperti penjelasan berikut ini;

  1. Buka dokumen grafik yang akan kamu edit di Microsoft Word
  2. Klik grafik pada lembar dokumen
  3. Apabila kamu ingin mengubah Text Wrapping, maka kamu pilih Layout Options. Kemudian muncul pilihan opsi pada group Layout Option, lalu pilih opsi yang kamu inginkan.
  4. Apabila kamu ingin mengubah item yang ada di grafik, kamu tinggal klik tombol Chart Elements. Pilih salah satu pilihan yang ditampilkan pada Chart Elements sesuai yang kamu inginkan.
  5. Selanjutnya, jika kamu ingin mengubah warna pada elemen grafik, pilih dan klik Chart Styles. Kemudian, klik Style atau Colors dan pilih sesuai yang diinginkan.
  6. Langkah berikutnya, jika kamu ingin menyembunyikan dan menampilkan data di grafik, pilih Chart Filters. Lalu pilih opsi yang ditampilkan atau bisa juga dikosongkan, setelah itu klik Apply apabila telah selesai.
  7. Dan jika kamu ingin mengubah pada bagian yang lain dari grafik, kamu hanya perlu klik bagian tersebut. Klik format selection, kemudian ubah item atau objek pada panel format yang ditampilkan.

Untuk merapikan pekerjaanmu, bisa kamu buat garis pembatas maupun border di tepi halaman.

Baca: Cara Membuat Berbagai Garis di Word

2. Membuat grafik di Microsoft Word 2016

Untuk memudahkan kamu dalam memuat data pada grafik di Microsoft Word 2016, berikut cara membuat grafik di Microsoft 2016;

  1. Buka Microsoft Word 2016
  2. Pilih tab Insert, lalu klik Chart
  3. Akan muncul pilihan grafik pada menu dialog, pilih jenis grafik yang kamu butuhkan.
  4. Jika sudah selesai, lalu klik Ok.
  5. Setelah itu Spreadsheet Excel muncul beserta grafik yang telah kamu pilih, data yang akan ditampilkan pada grafik bersumber dari lembar kerja Spreadsheet Excel ini.
  6. Selanjutnya ketikan data pada lembar kerja tersebut, tarik bagian bagian berwarna biru pada kotak kecil untuk mengurangi ataupun menambahkan rentang data.
  7. Apabila kamu telah selesai mengisikan data, kamu hanya cukup menutup lembar kerja pada Spreadsheet Excel dengan menekan tombol close yang berada pada pojok bagian kanan atas.
  8. Grafik pun telah selesai dibuat.

Jika kamu membuat banyak halaman dan ingin memberi nomor di tiap halaman.

Baca: Cara Membuat Halaman di Word dan Mengatur Posisinya

Cara Membuat Grafik di Excel

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara membuat grafik menggunakan Microsoft Excel dan tidak tahu bagaimana menggunakannya. Cara ini cukup mudah dan simple sehingga kamu bisa mudah untuk mengaplikasikannya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama buka lembar kerja pada Microsoft Excel
  2. Selanjutnya, kamu tuliskan data-data yang ingin kamu buat dalam bentuk grafik pada lembar kerja Excel.
  3. Jika sudah selesai, block data pada sel yang akan kamu buat grafik.
  4. Setelah itu klik Insert pada menu bar , lalu pilih Chart jenis grafik yang kamu butuhkan.
  5. Kemudian pilih bentuk grafik pada pilihan yang ada, dan grafik tersebut akan muncul pada lembar kerja sesuai dengan data yang kamu isi.
  6. Terakhir grafik telah selesai dibuat.

Tidak hanya membuat grafik pada Microsoft Excel yang perlu kamu pelajari tetapi, jenis-jenis grafik pada Microsoft Excel perlu kamu ketahui.

Karena dengan kita mengetahui jenis-jenis grafik kamu bisa membuat pengguna atau pembaca bisa memahami data yang kamu buat dengan mudah.

Berikut jenis-jenis grafik yang perlu kamu ketahui;

  1. Line and area chart (grafik garis)
    Grafik ini biasanya digunakan untuk menunjukkan perkembangan dari waktu ke waktu. Dengan adanya grafik ini kamu bisa mengetahui perkembangan data informasi yang kamu tulis sebelumnya.
  2. Column and bar chart (diagram batang)
    Merupakan jenis grafik yang berfungsi untuk membandingkan atau menekankan data atau nilai dengan beberapa kategori.
  3. Pie and doughnut chart (diagram lingkaran)
    Pie and doughnut chart atau biasa disebut diagram lingkaran. Kamu bisa mengetahui besaran data dalam bentuk persen (%) dalam nilai keseluruhan.
  4. Scatter and bubble chart
    Scatter and bubble chart ini dua hal yang saling berhubungan. Scatter chart digunakan untuk mengetahui variable pada sumbu X dan sumbu Y. Sedangkan bubble chart digunakan untuk mengetahui variable data tersebut dengan grafik ini.
  5. Surface and radar chart
    Dengan grafik surface kamu bisa mengetahui atau memperlihatkan kombinasi optimal dari dua rangkaian data. Sedangkan radar chart yaitu grafik yang membandingkan nilai keseluruhan pada sejumlah data.

Catatan :

  • Apabila kamu ingin memberi judul pada grafik, klik Chart Title pada tab di Ms. Word. Lalu pilih Centered Overlay Title.
  • Apabila kamu ingin menempatkan data label pada grafik, maka kamu klik Data Labels dan pilih Outside End.
  • Apabila kamu ingin mengatur skala pada sumbu X dan sumbu Y kamu bisa mengklik Gridlines. Lalu pilih Primary Horizontal Gridlines untuk (sumbu X) dan Primary Vertical Gridlines untuk (sumbu Y).

Bagi kamu seorang pelajar, pengajar, maupun pekerja yang sehari-hari disibukkan dengan olah data, semoga tutorial cara membuat grafik ini cukup berguna.

Karena memang penyajian data atau informasi dengan menggunakan grafik biasanya lebih mudah dipahami.

Demikian penjelasan singkat cara membuat grafik di word excel serta cara edit dan memilih grafik yang tepat sesuai data yang kamu olah. Semoga Bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *