Cara Install Ulang Windows 10

  • Whatsapp
cara install ulang windows 10
Cara install ulang windows 10 © onpoin.com

Kamu yang selama ini memakai windows 10 dan kemudian merasakan beberapa masalah pada PC / laptop kamu, kemungkinan ada 2 penyebab berikut ini.

Pertama adalah dari hardware dan kedua dari software.

Solusinya bisa dengan menambah dan mengganti hardware, tapi ini bisa jadi solusi kedua setelah memastikan bahwa software yang kamu pakai sehat.

Misal laptop kamu menjadi lemot. Mungkin dengan menambah RAM bisa jadi laptop akan meningkat performanya, tapi bisa juga tidak. Karena itu periksa terlebih dahulu bisa jadi masalahnya pada software atau windows yang sedang kamu pakai.

Kali ini kita membahas tentang apa harus windows kita diinstall ulang? Jika harus kapan saat yang tepat agar mendapatkan performa yang paling baik.

Waktu yang Tepat Install Ulang Windows 10

Banyak kemungkinan komputer bermasalah, entah blank di aplikasi tertentu, lemot ketika browsing, tidak bisa menghapus program tertentu dan lainnya.

Bisa karena ada driver di windows-mu yang tidak cocok. Tapi parahnya beberapa file ataupun aplikasi terinfeksi virus.

Jika sudah demikian, solusi terakhir adalah install ulang windows-mu.

Cara instal ulang ini, bisa kamu terapkan dengan mudah. Dengan metode ini kamu bisa memperbaiki beberapa masalah yang ada pada sistem operasi Windows.

Perhatikan dalam penghapusan drive pada file jangan sampai kamu menghapus drive yang salah. Karena hal itu akan menyebabkan file yang ada di dalamnya ikut terhapus. Karena langkah ini merupakan langkah untuk mengganti sistem menjadi baru.

Proses install ulang ini bisa menghilangkan data-data yang ada di PC/laptop kamu. Untuk itu kamu disarankan melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan install ulang Windows 10.

Memang normalnya install ulang ini dapat membuat PC/laptop kamu akan bekerja lebih cepat dan sekaligus menghapus bila terdapat virus pada perangkat tersebut.

Kenapa windows 10 yang dibahas? Bukan karena windows ini versi terbaru. Tetapi memang versi ini lebih baik dari semua versi sebelumnya.

Baca: Kelebihan Windows 10

Karena kemarin muncul Windows 8 yang masih kalah bagus dengan adiknya yaitu windows 7.

Yuk, kita simak penjelasan di bawah mengenai cara install ulang Windows 10.

Jenis-jenis Install Ulang Windows 10

Ada berbagai macam install ulang. Install ulang melalui sistem booting atau langsung dilakukan dari local.

Nah, dibawah ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur Refresh dan Reset yang ada pada Windows 10.

Refresh dan Reset Windows 10

Cara Reset Windows 10

  1. Klik kanan pada menu start, kemudian pilih setting
  2. Cari Update & Security, lalu klik
  3. Setelah itu muncul jendela baru, lalu klik Recovery
  4. Kemudian di sebelah kanan adalah pilihan Reset this PC dan klik Get started
  5. Selanjutnya tinggal mengikuti instruksi untuk menyelesaikan reset windows.

Cara Refresh dan Reset Menggunakan Menu Boot

  1. Buka menu start, kemudian pilih Power
  2. Setelah itu klik tombol Restart yang bersamaan dengan menekan tombol Shift pada Keyboard.
  3. Pilih Troubleshoot pada pilihan yang ditampilkan
  4. Berikutnya, pilih Refresh your PC jika ingin melakukan Refresh. Begitu pula sebaliknya pilih Reset jika ingin melakukan Reset.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Catatan:

  • Refresh, dengan adanya fitur ini maka file-file pribadi dan program kamu tidak akan terhapus.
  • Reset, dengan melakukan fitur ini maka file dan program pada PC/laptop kamu akan terhapus ketika melakukan program ini.

Jika setelah melakukan riset ini kamu masih merasakan kendala pada windows. Jalan terakhir yaitu dengan install ulang, dimana hal ini akan menghapus bersih dan memformat hardisk di tempat kamu install windows.

Baca: Cara Install (Baru) Windows 10

Install Ulang Windows 10 Asli

Prosedur sebelum menginstall Windows 10 antara lain:

  1. Siapkan DVD atau USB yang akan kamu gunakan untuk menginstal ulang PC/laptop. Baca: Download Windows 10 Original Gratis
  2. Dianjurkan baterai laptop kamu terisi penuh. Kalaupun tidak kamu bisa menghubungkannya pada charger apabila baterai akan habis.
  3. Perbedaan install baru dan install ulang. Jika install ulang disarankan backup data terlebih dahulu agar tidak terhapus saat proses install ulang.

Setting Boot

Untuk melakukan instalasi pada Windows 10 langkah pertama kita harus mengatur setting Boot. Berikut langkah-langkah dalam melakukan setting Boot antara lain:

  1. Hubungkan CD/DVD atau flashdisk pada PC/laptop.
  2. Setelah itu masuk ke menu BIOS.
    Pertama tekan tombol Del secara terus-menerus untuk masuk ke menu BIOS. Hal ini tidak bisa diterapkan pada semua jenis PC/laptop. Karena hal itu, tergantung jenis motherboard yang kamu gunakan.

    Jika tidak bisa ulangi / restart dan tekan tombol F1, F2, F3 (coba satu persatu). Biasanya ini ditekan bersamaan dengan tombol Fn. Hal ini dikhususkan untuk beberapa merk laptop tertentu.
    .
  3. Lalu muncul tampilan BIOS yang didalamnya terdapat Advanced, Security, Boot, dan lain sebagainya. Untuk memilih menu, kamu hanya perlu menekan tombol arah yang ada di keyboard.
  4. Pilih Menu Boot dan jadikan ( Removable Devices ) flashdisk atau dvd di urutan pertama.
  5. Terakhir tekan tombol F10 dan lanjutkan dengan pilih Yes. Secara otomatis PC/laptop kamu akan melakukan restart.

Cara Install Ulang Windows 10

  1. Ketika melakukan proses restart, layar pada komputer akan berwarna hitam atau blank. Terdapat tulisan pada jendela “Press any key to boot from CD/DVD“. Setelah itu, kamu tekan tombol apa saja pada PC/laptop kamu.
  2. Kemudian, muncul jendela Windows Setup. Lalu pilih English pada kolom Language to install dan pilih Indonesian pada kolom Time and currency format.
    Untuk kolom yang terakhir yaitu Keyboard or input method kamu biarkan saja sesuai kata yang tertera pada layar.
  3. Lalu muncul jendela Windows dan klik Install now.
  4. Selanjutnya, akan muncul jendela license terms. Lalu kamu centang pada kotak disamping kata “I accept the license terms”. Setelah itu, klik Next.
  5. Muncul dua pilihan instalasi yang kamu inginkan yaitu Upgrade dan Custom. Kamu pilih Custom: Install Windows only (advanced).
  6. Langkah selanjutnya, pilih Unallocated space jika PC/laptop yang kamu ingin dipartisi ulang, lalu klik New dan pilih ukuran partisi tersebut. Jika sudah menentukan pilihan tempat untuk partisi kamu hanya tinggal klik apply untuk melanjutkan.
    .
    Jika langkah nomor 6 ini kurang jelas baca panduan partisi hardisk di sini: Cara Partisi Hardisk
    .
  7. Berikutnya melakukan proses partisi yang pertama kamu perlu melakukan partisi lagi. Dengan pilih partisi baru dan klik New, kemudian klik Apply.
  8. Dalam partisi baru kamu akan melakukan instalasi Windows 10, klik Next untuk memulai instalasi.
  9. Proses instalasi memakan waktu yang cukup lama yaitu hingga proses menunjukkan angka 100%. Kemudian PC/laptop akan melakukan restart secara otomatis.
  10. Lalu kamu akan masuk ke jendela menu product key. Masukkan product yang kamu miliki lalu klik Next. Jika kamu tidak memiliki kamu bisa langsung klik tombol Do this letter.
  11. Muncul menu setting dan ada dua pilihan yang ditampilkan yaitu Use Express setting dan Customize. Pilih Use Express setting, selanjutnya pilih I own it dan klik Next.
  12. Selanjutnya, akan muncul akun Microsoft. Lakukan log in apabila kamu memiliki akun Microsoft. Apabila kamu tidak memiliki akun tersebut kamu bisa klik tombol skip this step.
  13. Masukkan username dan password apabila kamu ingin menggunakannya. Jika tidak klik Next untuk proses selanjutnya.
  14. Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan utama Windows 10.
  15. Proses pun selesai.

Jika kamu tidak ingin menginstal ulang Windows 10 menggunakan Flashdisk atau CD/DVD. Kamu juga bisa menggunakan cara Refresh dan Reset pada Windows 10 diatas. Cara ini bisa kamu terapkan tanpa butuh file instalasi.

Walaupun demikian, untuk menggunakan fitur ini kamu perlu mencermati masalah apa yang terjadi pada PC/laptop kamu.

Nah, cukup mudah dipahami bukan. Bagi kamu yang ingin menginstal ulang Windows 10 karena memiliki beberapa masalah. Kamu bisa mempraktekkan cara yang sudah onpoin.com jelaskan di atas.

Jika ada pertanyaan seputar penjelasan di atas, kamu bisa masukkan komentar kamu di bawah ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *